Friday, 23 February 2024
spot_img
HomeHeadlineMahasiswa dan Dosen STIKes Siti Hajar Wujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi Melalui...

Mahasiswa dan Dosen STIKes Siti Hajar Wujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi Melalui Pengabdian Masyarakat di Kampung Nelayan Sebrang Belawan

Medan, 9 Juni 2023 – Mahasiswa dan dosen dari Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Siti Hajar di Medan menjalankan komitmen tri dharma perguruan tinggi dengan mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat di Kampung Nelayan Sebrang Belawan. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan kontribusi positif kepada masyarakat sekitar dan melibatkan mahasiswa dalam pengalaman berharga di luar lingkungan akademis.

Pengabdian masyarakat ini mencakup sejumlah kegiatan yang melibatkan mahasiswa dan dosen STIKes Siti Hajar. Mereka memberikan penyuluhan kesehatan, pemeriksaan kesehatan gratis, serta memberikan edukasi tentang pentingnya menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan. Selain itu, ada juga program bantuan sosial kepada warga yang membutuhkan.

Dosen Pembimbing Program Studi di STIKes Siti Hajar, menjelaskan, “Kegiatan ini adalah wujud nyata dari komitmen kami untuk melaksanakan tri dharma perguruan tinggi, yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Kami ingin memberikan manfaat positif kepada masyarakat sekitar dan memperluas pemahaman mahasiswa tentang masalah kesehatan di lingkungan yang berbeda.”

Kampung Nelayan Sebrang Belawan dipilih sebagai lokasi pengabdian masyarakat karena merupakan komunitas yang membutuhkan perhatian khusus dalam hal kesehatan dan pemahaman tentang pentingnya praktik-praktik sehat. Mahasiswa STIKes Siti Hajar berperan aktif dalam mengorganisir kegiatan dan berinteraksi langsung dengan masyarakat, membangun ikatan yang berharga.

“Kegiatan ini mengajarkan kami pentingnya empati dan tanggung jawab sosial sebagai calon tenaga kesehatan. Kami merasa bangga bisa berkontribusi dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat sekitar,” kata salah satu mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan tersebut.

Melalui kegiatan pengabdian masyarakat ini, STIKes Siti Hajar mengingatkan bahwa pendidikan tinggi tidak hanya tentang pengetahuan akademis, tetapi juga tentang bagaimana perguruan tinggi dapat memberikan dampak positif pada masyarakat di sekitarnya. Kegiatan seperti ini merupakan langkah positif dalam mewujudkan visi pendidikan yang inklusif dan berdaya guna.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments