Thursday, 22 February 2024
spot_img
HomeHeadlineLP2M STIKes Siti Hajar Laksanakan PKM Bertema Balita dan Lansia Sehat Bersama...

LP2M STIKes Siti Hajar Laksanakan PKM Bertema Balita dan Lansia Sehat Bersama Fisioterapi

Medan, 01 November 2022, Kesehatan merupakan aspek yang sangat diidamkan oleh setiap individu, karena kesehatan yang baik memungkinkan seseorang untuk menjalani aktivitas sehari-hari tanpa hambatan, menjalankan pekerjaan dengan efisien, dan berpartisipasi dalam berbagai kegiatan dengan optimal.

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, bersama dengan peningkatan kondisi sosial ekonomi, telah memberikan dampak positif terhadap peningkatan kualitas hidup dan harapan hidup masyarakat, termasuk anak-anak dan lansia.

Para ahli dalam bidang tumbuh kembang anak menggarisbawahi pentingnya 5 tahun pertama dalam kehidupan seorang anak, yang sering disebut sebagai “Masa Keemasan,” “Jendela Kesempatan,” atau “Masa Kritis.” Pada periode ini, pertumbuhan dan perkembangan otak manusia sangat pesat, dan otak anak sangat rentan terhadap pengaruh lingkungan.

Di sisi lain, fase usia lanjut (lansia) adalah tahap yang akan dihadapi oleh setiap individu pada akhirnya. Meskipun beberapa lansia dapat menikmati masa tua dengan kesehatan yang baik, sayangnya ada juga yang mengalami masalah kesehatan yang serius, yang dapat mengganggu kualitas hidup mereka.

Desa Kutalimbaru, Deliserdang, mengalami masalah kesehatan seperti nyeri pinggang pada lansia dan masalah tumbuh kembang pada balita.

STIKes Siti Hajar telah mengambil inisiatif untuk berkontribusi dalam meningkatkan kesehatan dan pengetahuan masyarakat di Desa Kutalimbaru, terutama lansia dan balita. Program Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) bertema “Balita dan Lansia Sehat bersama Fisioterapi” dilaksanakan pada tanggal 19-20 Oktober 2022, dengan tujuan memotivasi dan memberikan pemahaman kepada lansia dan orang tua balita tentang isu kesehatan yang relevan.

Program PKM ini melibatkan dosen dan mahasiswa tingkat akhir dari STIKes Siti Hajar yang memberikan penyuluhan tentang kesehatan lansia dan balita kepada masyarakat Kutalimbaru. Semoga melalui kegiatan ini, masyarakat dapat meningkatkan pemahaman mereka tentang kesehatan dan peran penting fisioterapi dalam merawat lansia dan balita. Antusiasme masyarakat Kutalimbaru dalam menghadiri dan mengikuti program ini sangat diapresiasi.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments