KEPUTUSAN YAYASASAN/PERATURAN YAYASAN NOMOR : 030/YY/SH/KK/VII/2015 Tentang STATUTA STIKes SITI HAJAR MEDAN   KETUA YAYASAN SITI HAJAR KHUSNUL KHOTIMAH Menimbang     :
  1. Bahwa Perguruan tinggi adalah satuan pendidikan formal yang mengemban misi mencari, menemukan dan menyebarluaskan kebenaran ilmiah melalui pendidikan dan pembelajaran,penelitian serta pengabdian kepada masyarakat.
  2. Bahwa isi mencari, menemukan dan menyebarluaskan kebenaran ilmiah dapat diwujudkan apabila perguruan tinggi dikelola berdasarkan sutau tata kelola perguruan tinggi yang baik ( good university governance – af, checks and balances )
  3. Bahwa agar tata kelola perguruan tinggi dapat dijalankan dengan baik, maka organisasi dan mekanisme pengelolaan perguruan tinggi tersebut perlu diatur dalam peraturan yang disebut statute perguruan tinggi, sesuai dengan perundang – undangan ketentuan dan peraturan yang berlaku terkait dengan Sistem Pendidikan Nasional khususnya Perguruan Tinggi.
  4. Bahwa STIKes Siti Hajar adalah salah satu perguruan tinggi swasta yang diselenggarakan oleh masyarakat yang berada dibawah naungan YAYASAN SITI HAJAR KHUSNUL KHOTIMAH, yang menyelenggarakan pendidikan tinggi dan mengelola perguruan tinggi dengan bentuk Sekolah Tinggi
  5. Bahwa statute perguruan tinggi adalah peraturan dasar Pengelolaan Perguruan Tinggi yang digunakan sebagai landasan penyusunan peraturan dan prosedur operasional di perguruan tinggi ( pasal angka 16 No. 4 tahun 2014 )
  6. Bahwa berdasarkan pertimbangan tersebut diatas, perlu menetapkan Peraturan Pengurus Yayasan Siti Hajar Khusnul Khotimah No.020/YY/SH/KK/VI/2015 Tentang Statuta STIKes Siti Hajar
Mengingat       :
  1. Undanga – Undang Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2001 tentang Yayasan sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2004 tentang Perubahan atas Undang – Undang Nomor 16 Tahun 2001 tentang Yayasan.
  2. Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
  3. Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
  4. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
  5. Undang – Undang No.12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi.
  6. No. 63 Tahun 2008 Tentang Pelaksanaan UU Tentang Yayasan jo. PP . No.2/2013
Peraturan pemerintah Nomor 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi.
  1. Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor : 556/E/O/2014 tentang izin perubahan bentuk Akademi Fisioterapi Siti Hajar di kota Medan Provinsi Sumatera Utara yang diselenggarakan oleh Yayasan Siti Hajar Khusnul Khotimah di kota Medan, Provinsi Sumatera Utara yang diselenggarakan oleh Yayasan Siti Hajar Khusnul Khotimah di kota Medan Provinsi Sumatera Utara
  2. Surat Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI Nomor : AHU 1995.AH.01.04 tanggal 18 April 2011 tentang Pengesahan Akta Pendirian Yayasan Siti Hajar Khusnul Khotimah Medan.
Memperhatikan : Statuta Akademi Fisioterapi Siti Hajar  tanggal 2 januari 2009 yang tidak sesuai lagi pada kondisi saat ini.   Menetapkan    : KEPUTUSAN KETUA YAYASAN/PERATURAN YAYASAN TENTANG STATUA STIKES SITI HAJAR Pasal 1 Statuta sebagaimana dimaksud dalam Peraturan ini dicantumkan dalam Lampiran, sebagai bagian yang terpisahkan dari Peraturan ini. Pasal 2
  • Dengan terbitnya Peraturan Yayasan ini, Statuta Tahun 2009 yang telah ditetapkan sebelumnya, dinyatakan tidak berlaku
  • Segala ketentuan dalam Statuta sebelumnya, sepanjang tidak bertentangan dengan peraturan ini, pada saat peraturan ini diterbitkan, dinyatakan masih berlaku untuk selanjutnya disesuaikan dengan peraturan ini dalam kurun waktu 1 ( satu 0 tahun.
  • Hal – hal yang belum diatur dalam Peraturan Yayasan ini, selanjutnya akan diatur dalam ketentuan dan peraturan tersendiri.
Pasal 3
  • Pengaturan tentang perubahan terhadap Peraturan ini, menjadi kewenangan Yayasan
  • Pengurus Yayasan, Pimpinan Perguruan Tinggi dan Pimpinan Senat Perguruan Tinggi dapat mengajukan usul perubahan terhadap Peraturan ini.
Pasal 4
  • Dalam rangka pelaksanaan peraturan ini, perlu diterbitkan suatu Peraturan Pelaksanaan yang penyusunan dilakukan dalam jangka waktu 6 ( enam ) bulan sejak tanggal ditetapkan
  • Peraturan ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan
  Ditetapkan di              : Medan Pada tanggal               : 1 Juli 2015 Pengurus Yayasan Siti Hajar Khusnul Khotimah Ketua,       Ir. H. Adi Mukhsin                       LAMPIRAN KEPUTUSAN YAYASAN/ PERATURAN YAYASAN SITI HAJAR KHUSNUL KHOTIMAH NOMOR : 030/YY/SH/KK/VII/2015 Tanggal 1 Juli 2015 Tentang STATUTA STIKes SITI HAJAR MEDAN MUKADIMAH Bismillahirrahmannirrohim, Perguruan Tinggi STIKes Siti Hajar sebagai institusi pendidikan tinggi, didirikan dalam rangka turut membantu pemerintah memajukan ilmu pengetahuan, teknologi ( IPTEKS ) guna menciptakan sumber daya manusia yang mengusai IPTEKS, bertaqwa kepada Tuhan YME, setia kepada pancasila dan UUD 1945, bermoral dan beretika dan memiliki integritas keilmuan dengan mana dituntut peranannya untuk ikut serta mendukung tuntutan masyarakat, bangsa dan Negara dalam mensukseskan pembangunan nasional dan kejayaan Republik Indonesia. Dalam rangka pengejawantahan tujuan pendirian bangsa ini yang terdapat dalam Pembukaan UUD 1945 serta dalam upaya mewejudkan nilai-nilai filosofi pancasila sebagai dasar Negara, serta sebagai implementasi dari keputusan dan peraturan dibidang pendidikan national c/q pendidikan tinggi khususnya terkait dengan penyelenggaran pendidikan tinggi yang diselenggarakan oleh masyarakat yaitu Pasal 31 Undang-Undang Dasar 1945 Amandemen Ke-4 dan cita – cita luhur para pendiri Yayasan Siti Hajar Khusnul Khotimah untuk mengembangkan dan turut membantu pemerintah dalam upaya peningkatan kecerdasan dan kehidupan bangsa bidang kesehatan, sebagai bagian dari hak warga Negara untuk mendapatkan kesempatan pendidikan di Negara Kesatuan Republik Indonesia, maka dalam pelaksanaanya, Perguruan Tinggi STIKes Siti Hajar sebagai sebuah institusi pendidikan tinggi yang berada