Determinan yang Berhubungan Dengan Keluhan Akibat Tidak Menggunakan APD pada Pekerja Bengkel Las Medan

  • Yuna Asima Ria Lumban Gaol Fakultas Kesehatan Masyarakat - Universitas Prima Indonesia
  • Perry Boy Chandra Siahaan Fakultas Kesehatan Masyarakat - Universitas Prima Indonesia
Keywords: Alat Pelindung Diri, keluhan, cara kerja, lama kerja

Abstract

Penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) sangat penting dalam pekerjaan seharihari baik pekerjaan formal dan informal, maka itu manfaat menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) saat bekerja sangat besar dalam pencengahan kecelakaan dan penyakit akibat kerja tetapi tidak menjamin semua pekerjaan akan memakainya. Tujuan umum penelitian ini adalah untuk Mengetahui Faktor- Faktor Yang Berhubungan Dengan Keluhan Akibat Tidak Menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) Pada Pekerja Las di Bengkel Las yang berlokasi di Jalan Mahkamah Kelurahan Mesjid pada tahun 2019. Adapun penelitian ini adalah survei analitik dengan menggunakan Cross Sectional dengan sampel 30 orang. Penelitian ini menggunakan metode analisa data chi-square untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara, APD, Cara Kerja, Lama Kerja dengan Keluhan Pada Pekerja Las. Penelitian ini menunjukkan adanya hubungan APD dengan Keluhan Pada Pekerja Las, kemudian adanya hubungan Cara Kerja dengan Keluhan Pada Pekerja Las, dan tidak adanya hubungan Lama Kerja dengan Keluhan Pada Pekerja Las

Downloads

Download data is not yet available.

References

1. David E.R, Eram T.P, Widya H.C. Hubungan Pemakaian Alat Pelindung Pernapasan deengan Tingkat Kapasitas Vital Paru. Unnes Journal of Public Health. 2012;1(1):12-17.
2. Putri S.H, Irwandi R, Firdaus S. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Keluhan Mata pada Pekerja Las Industri Kecil di Kecamatan Tungkal Ilir Kabupaten Tanjab Barat Tahun 2017. Riset Informasi Kesehatan. 2017;6(2):142-151.
3. Nur N.L. Keluhan Subjektif Photokeratitis pada Mata Pekerja Las Sektor Informal di Kelurahan Cirendeu dan Ciputat Tangerang Selatan. Prosiding Seminar Nasional IKAKESMADA. 2017:199-204.
4. Raodhah S. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Penggunaan Alat Pelindung Diri Pada Karyawan Bagian Packer PT. Semen Bosowa Maros Tahun 2014. Public Health Science Journal. 2014;6(2):437-449.
5. Notoatmodjo S. Promosi kesehatan dan perilaku kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta; 2012.
6. Tri W. Faktor Risiko yang Berhubungan Dengan Kejadian Konjungtivitis Pada Pekerja Pengelasan di Kecamatan Cilacap Tengah Kabupaten Cilacap. Jurnal Kesehatan Masyarakat. 2013;2(1):1-9.
7. Rizky A.F. Faktor yang Berhubungan Dengan Perilaku Penggunaan Alat Pelindung Diri Pekerja Pengelasan Galangan Kapal. Journal of Industrial Hygiene and Occupational Health. 2018;3(1):23-33.
8. Amris D, Putri H. Faktor-Faktor yang Berhubungan Dengan Perilaku Keselamatan Pada Pekerja Bengkel Las di Wilayah Pejompongan Kelurahan Bendungan Hilir Jakarta Pusat Tahun 2016. Ilmu Kesehatan Universitas Unggul. 2016:1-13.
9. Rama S. Konsep dan Teknik Pelaksanaan Riset Keperawatan. Medan: PT. Bina Medika Perintis.
10. Sulaiman S, Anggreini. Efek Postur Tubuh Terhadap Keseimbangan lanjut Usia di Desa Suka Raya Kecamatan Pancur Batu. Jurnal JUMANTIK Vol. 3 No.2 November 2018. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/kesmas/article/view/2875
Published
2020-01-05
How to Cite
Lumban Gaol, Y., & Siahaan, P. (2020). Determinan yang Berhubungan Dengan Keluhan Akibat Tidak Menggunakan APD pada Pekerja Bengkel Las Medan. Journal of Health Science and Physiotherapy, 2(1), 61-67. https://doi.org/10.25311/jhsp.v2i1.35