Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Perilaku Safety Riding Pengemudi Ojek Online (Go-Jek) di Kota Medan Sumatera Utara

Factors Associated with Behavioral Safety Riding Online Motorcycle driver (GoJek) in the city of Medan, North Sumatra

  • Jasmen Manurung Fakultas Farmasi dan Ilmu Kesehatan Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Mido Ester Sitorus Program Studi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Farmasi dan Ilmu Kesehatan Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Rinaldi Rinaldi Program Studi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Farmasi dan Ilmu Kesehatan Universitas Sari Mutiara Indonesia
Keywords: Perilaku, Safety Riding, Pengendara Go-Jek

Abstract

Kecelakaan lalu lintas menjadi salah satu penyebab kematian di dunia. Hal ini masih menjadi masalah global terutama pada negara-negara berkembang. Seiring dengan berkembangnya teknologi saat ini, di Indonesia terdapat aplikasi yang mengenalkan layanan pemesanan ojek menggunakan smartphone. Aplikasi yang paling banyak digunakan adalah aplikasi Go-Jek. Dengan adanya aplikasi Go-Jek berbasis online ini menyebabkan penumpukan kendaraan di jalanan, sehingga faktor resiko kecelakaan semakin tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan perilaku safety riding pengendara Go-Jek di Kota Medan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional. Sampel penelitian adalah pengendara Go-Jek di Kota Medan sebanyak 100 responden yang di ambil secara accidental sampling. Analisis bivariat menggunakan uji statistic Chi Square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang berhubungan dengan faktor perilaku safety riding adalah usia (p-value = 0,000), masa berkendara (p-value = 0,000), kondisi kendaraan (p-value = 0,000), kelengkapan berkendara (p-value = 0,000). Adapun variable yang tidak berhubungan yaitu pengetahuan (p-value = 0,420), dari hasil yang didapatkan diharapkan adanya peran berbagai pihak, baik pemerintah, kepolisian, institusi pendidikan, serta perusahaan untuk membuat program pelatihan keselamatan berkendara yang aman, serta lebih mensosialisasikan penggunaan perlengkapan sepeda motor. Selain itu, pengendara Go-Jek diharapkan untuk selalu mematuhi tata cara ketentuan berlalu lintas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustin, A. 2017. Persepsi Masyarakat Tehadap Penggunaan Transportasi Online (GO-JEK) di Surabaya. Jurnal Ilmu dan Rist Manajemen. Volume. 6. Nomor. 9

Anjani, S. 2017 Transportasi Berbasis Aplikasi Online: Go-Jek Sebagai Sarana Transportasi Masyarakat Kota Surabaya. Skripsi. Universitas Airlangga.

Ariwibowo. 2013. Hubungan Antara Umur, Tingkat Pendidikan, Pengetahuan, Sikap Terhadap Praktik Safety Riding Awwareness Pada Pengendara Ojek Sepeda Motor di Kecamatan Banyumanik. Junal Kesehatan Masyarakat, volume 2, nomor 1.

Badan Inteligen Negara. 2014. Kecelakaan Lalu Lintas Menjadi Pembunuh Terbesar Ketiga. Diakses pada 10 April 2018 dalam situs web: www.bin.go.id/awas/detil/197

Berlianto, A. 2007. Safety Riding Community. Diakses 1 Mei 2018. http:saft7.com

Dirjen Perhubungan Darat, 2014. Perhubungan Darat Dalam Angka 2013.

Endarmoko, E. 2006. Tesaurus Bahasa Indonesia. Cet. I; Jakarta: PT Gramedia.

Dkatadata.co.id. Sepanjang 2017 Terjadi 98 Ribu Kali Kecelakaan Lalu Lintas. Diakses 12 Mei 2018. https://databoks.katadata.co.id.

Geller, E.S. 2001. Working Safe. How to Help People Actively Care for Helath and Safety. Lewis Publisher.

Korlantas POLRI, 2014. Polantas Dalam Angka 2013

Melisa, A. 2013. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perilaku Berkendara Aman (Safety Riding) pada Pengendara Ojek di Universitas Indonesia Depok Tahun 2012. Skripsi. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia.

Nawangwulan, D. 1998. Gambaran Kecelakaan Lalu Lintas Kendaraan Di PT. Indocement Tunggal Prakasa Tbk Bogor. Jakarta: Universitas Indonesia.

Notoatmodjo, S. 2012. Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Perwitaningsih, R. 2013. Hubungan antara Pengetahuan dan Sikap Terhadap Praktik Keselamatan dan Kesehatan Berkendara Sepeda Motor pada Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Udinus Semarang Tahun 2013. Jurnal Udinus.

Rukhfiati, dian. Hubungan Umur, Pengetahuan, Sikap, Dukungan Keluarga, Dukungan Teman Kerja Dengan Praktik Safety riding pada Karyawan Bisnis Development Representatif (BDR). Semarang: Skripsi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro. 2010

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Syah, M. 2003. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Undang-Undang No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan

Published
2019-06-10
How to Cite
Manurung, J., Sitorus, M., & Rinaldi, R. (2019). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Perilaku Safety Riding Pengemudi Ojek Online (Go-Jek) di Kota Medan Sumatera Utara. Journal of Health Science and Physiotherapy, 1(2), 91-99. https://doi.org/10.25311/jhsp.v1i2.18